Perjanjian Layanan

  1. Definisi Layanan
    1. Layanan Penyimpanan adalah layanan penyimpanan data website dan email Pelanggan di server Multicast agar dapat diakses dari internet.
    2. Fitur – fitur yang ada di dalam Layanan Penyimpanan Multicast terdapat pada halaman https://e-desa.id
  2. Hak dan Kewajiban Pelanggan
    1. Pelanggan berhak untuk mendapatkan Layanan Penyimpanan dengan fitur – fitur sesuai dengan spesifikasi paket yang dipilih pelanggan digunakan seperti tertera dalam halaman https://e-desa.id
    2. Pelanggan berhak untuk mendapatkan dukungan pelanggan dalam batasan yang telah ditentukan oleh Multicast.
    3. Pelanggan wajib mematuhi Kebijakan Penggunaan Layanan.
  3. Hak dan Kewajiban Multicast
    1. Multicast wajib memberikan hak akses terhadap Layanan Penyimpanan.
    2. Multicast wajib memberikan jaminan Layanan Penyimpanan seperti tercantum dalam bagian Jaminan Layanan.
    3. Multicast wajib melakukan penagihan dan mengirimkan pengingat melalui media komunikasi utama email.
    4. Multicast berhak untuk melakukan perubahan fitur-fitur yang ada dala Layanan Penyimpanan Multicast yang tertera pada halaman 
      https://e-desa.id tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
    5. Multicast berhak untuk melihat isi dan melakukan tindakan penghapusan atau tindakan lain terhadap isi website apabila diketahui melanggar Kebijakan Penggunaan.
  4. Jaminan Layanan
    1. Jaminan Koneksi Internet
      1. Multicast memberikan jaminan konektivitas internet pada Layanan Penyimpanan di luar downtime akibat maintenance yang sebelumnya telah diumumkan.
      2. Kegagalan terhadap penyediaan konektivitas internet oleh Multicast pada Layanan Penyimpanan akibat gangguan jaringan dapat diklaim apabila berlangsung melebihi batas 1% dalam satu bulan dan terjadi dalam satu waktu, tidak termasuk akumulasi dari gangguan yang terjadi di bawah 1%.
    2. Jaminan Uptime Server
      1. Multicast memberikan jaminan uptime server sebesar 99% uptime per bulan di luar downtime akibat maintenance yang sebelumnya telah diumumkan.
      2. Untuk menjaga performance server, Multicast dapat melakukan maintenance rutin dengan konsekuensi reboot server yang mengakibatkan tidak dapat diaksesnya Layanan Penyimpanan selama beberapa menit tanpa diumumkan terlebih dahulu.
      3. Downtime akibat maintenance ini tidak diperhitungkan dalam Jaminan Uptime Server.
      4. Kegagalan terhadap penyediaan uptime server oleh Multicast dapat diklaim apabila berlangsung melebihi batas 1% dalam satu bulan dan terjadi dalam satu waktu, tidak termasuk akumulasi dari gangguan yang terjadi di bawah 1%.
    1. Jaminan Keamanan Data
      1. Multicast memberikan jaminan keamanan data pelanggan meliputi data file web dan data lain di dalam folder penyimpanan Pelanggan, database, dan e-mail sepanjang resiko terhadap keamanan data tersebut tidak ditimbulkan oleh Pelanggan sendiri. Kelalaian Pelanggan tersebut di antaranya dan tidak terbatas pada hal-hal tersebut di bawah ini :
        1. Pencurian otorisasi akses pada Layanan Penyimpanan akibat ketidakamanan perangkat dan atau perbuatan Pelanggan sendiri. Ketidakamanan perangkat Perlanggan meliputi dan tidak terbatas pada adanya worm, virus, keylogger pada komputer pelanggan, atau karena pelanggan mengakses dari perangkat akses publik yang tidak aman;
        2. Memiliki file atau direktori dengan permission all read write (mode 777) pada folder penyimpanan Pelanggan;
        3. Memiliki script yang beresiko keamanan atau secara umum telah diketahui sebagai bug;
        4. Memberikan otorisasi akses pada Layanan Penyimpanan kepada orang lain;
      1. Multicast memberikan jaminan untuk melakukan backup data dalam Layanan Penyimpanan yang digunakan Pelanggan satu bulan sekali pada hari tertentu;
      1. Jumlah backup yang disimpan oleh Multicast adalah satu set backup dimana artinya terkait dengan periode backup bulanan, Pelanggan hanya bisa melakukan restore data yang dibackup pada bulan sebelumnya;
  5. Klaim Atas Kegagalan Jaminan Layanan
    1. Klaim atas kegagalan jaminan di atas dapat di ajukan dalam waktu maksimal 7 hari setelah terjadinya gangguan.
    2. Klaim kegagalan uptime server dan uptime network harus disertai bukti hasil traceroute ke arah domain pelanggan dalam waktu terjadinya gangguan dan akan dilakukan crosscheck dengan data kami.
    3. Klaim akan ditolak apabila terjadinya kegagalan atas Jaminan Uptime Konektivitas Internet disebabkan oleh pihak lain yang berada di luar tanggungjawab Multicast termasuk dan tidak terbatas didalamnya :
      1. Gangguan konektivitas internet pada ISP pelanggan;
      2. Gangguan konektivitas internet yang terjadi pada salah satu route yang menjadi jalur konektivitas dari pelanggan ke server Multicast;
      3. Gangguan yang disebabkan oleh force majeure;
    4. Apabila gangguan yang di klaim oleh pelanggan datanya cocok dengan data Multicast, maka Multicast akan mengembalikan biaya penyimpanan selama 1 bulan penuh dalam bentuk uang atau dalam bentuk kompensasi lain yakni penambahan masa berlaku penyimpanan selama 1 bulan.
    5. Klaim kegagalan jaminan layanan otomatis akan batal apabila :
      1. Layanan Penyimpanan yang digunakan Pelanggan dalam kondisi tidak aktif (suspended / cancelled / terminated);
      2. Layanan Penyimpanan yang digunakan Pelanggan melanggar Kebijakan Penggunaan Layanan;
  6. Penghentian dan Penghapusan Layanan
    1. Sesuai dengan Perjanjian Umum, Multicast berhak melakukan penghentian layanan baik yang bersifat permanen maupun sementara tanpa kewajiban bagi Multicast untuk mengganti kerugian material dan imaterial di sisi Pelanggan yang terjadi akibat penghentian layanan tersebut apabila diketahui Pelanggan melakukan pelanggaran terhadap Perjanjian, Perjanjian Layanan, dan Kebijakan Layanan.
    2. Layanan akan disuspend (dihentikan sementara) pada saat jatuh tempo pembayaran apabila Pelanggan belum melakukan pembayaran sesuai tagihan.
    3. Layanan Penyimpanan termasuk didalamnya data milik Pelanggan dan data backup akan dihapus dari server Multicast apabila dalam tujuh hari setelah jatuh tempo pembayaran Pelanggan belum melakukan pembayaran sesuai tagihan.
    4. Apabila Pelanggan ingin mengaktifkan kembali Layanan Penyimpanan yang telah dimiliki sebelumnya dan Multicast masih memiliki backup terhadap file-file Pelanggan dalam Layanan Penyimpanan sebelumnya maka pelanggan dapat meminta Multicast untuk melakukan restore data dengan biaya tertentu.
    5. Penghapusan Layanan Penyimpanan tidak menghilangkan kewajiban Pelanggan untuk membayarkan tagihan dengan sifat bayar di belakang jika ada tagihan terkait dengan Layanan Penyimpanan tersebut.